KILL YOUR WILLINGNESS!!

Akhir-akhir ini aku teringat akan masa-masa dimana sering kali aku membuat alasan-alasan ‘bodoh’ untuk membenarkan keinginanku sendiri.

Pernahkah kalian berkeinginan membeli sebuah gadget, hanya sebenarnya karena ingin, teknologinya muthakir dan sebagainya. Kalau dilihat apakah sesuai kebutuhan, mungkin tidak, tapi karena keinginan itu yg semakin besar maka kamu membuat alasan sedemikiam rupa untuk mendapatkannya dan tak jarang kamu berbohong untuk mendapatkan itu.

Dari keinginan yg simple, maka lahirlah tindakan-tindakan yg kurang terpuji bahkan sangat tidak terpuji. Bila keinginan kita itu dibuahi dengan alasan/ pembenaran, maka pikiran kita akan teracuni oleh hal itu dan menutupi kebenaran yg ada.

Ingat kejadian dimana Hawa digoda oleh iblis untuk memakan buah dari pohon pengetahuan yg baik dan jahat? Mungkin awalnya hawa biasa aja, tapi ketika pikirannya diracuni oleh iblis, maka hasrat/ keinginan itu muncul, ditambah dengan alasan dan pembenaran yg diberikan maka terjerumuslah dia. Awalnya hanya dia saja, tapi begitu hasrat itu terpenuhi maka ia akan mengundang pihak lain untuk ikut didalamnya. Dan apa yg terjadi? Ketika Tuhan datang berjalan ditengah taman dan mencari mereka? Ketika mata mereka terbuka dan menjadi tahu apa yg ada? Sebenarnya mata mereka bukan terbuka dan melihat mereka telanjang, tapi justru dosa itu melucuti jubah mereka. Dan ketika Tuhan bertanya kepada mereka, kalian pasti tahu bahwa baik wanita dan pria itu saling menyalahkan dan bahkan wanita itu menuduh si ular sebagai penyebab. Memang dialah yg menggoda hawa, tapi keputusan untuk ikut godaan tersebut ada di hawa.

Dan akibat dosa ini telah turun menurun menjadi habit manusia. Ketika mereka berkeinginan dan mereka berusaha mendapatkannya dengan kondisi mungkin sumber daya yg memadai maka itu akan jadi kepuasan sementara, tapi bila sumber daya tak memadai maka akan lahirlah kejahatan.

Contoh: saya berkeinginan membeli smartphone baru, padahal smartphone saya masih baik, namun karena saya ingin dan gengsi dengan teman-teman maka saya mencoba untuk merengek ke orang tua. Dengan alasan untuk mempercepat belajarlah, bekerja, dll. Dan bahkan acap kali berjanji hal-hal yg baik untuk memuluskan hal tsb. Padahal itu suatu alasan utk membenarkan keinginan kita saja. Sound familiar? Ok, next.

Atau si A ingin memiliki motor, namun ia gak punya duit, dan kondisi motor yg sekarang masih ok. Ia berusaha keras dg menabung, supaya bisa mendapat yg baru. Well, ini masih OK, karena usaha yg positif. Lalu bagaimana dg ini, si B gemar pornografi, suatu ketika waktu ia sedang “ingin” dan lewatlah gadis kecil, maka bernafsulah dia, sehingga ia memperkosanya. Berawal dari keinginan!! Melahirkan dosa yg lebih besar.

Lalu tidak bolehkah kita berkeinginan?

Keinginan ada disetiap diri manusia. Keinginan untuk menjadi pintar, sukses, cantik, langsing, dan lain sebagainya adalah baik ASAL usaha yg dilakukan sepadan dan positif. Selain itu diperlukan pemikiran terhadap keinginan tersebut, apakah keinginan itu dibutuhkan atau tidak? Kalau tidak seharusnya itu bisa “dimatikan”.

Lalu bagaimana kalau keinginan kita adalah menjadi lebih dekat dengan Tuhan? Masa dosa?

Membangun hubungan, menjalin komunikasi dan menyembah sebenarnya adalah KERINDUAN Tuhan kepada makhluk ciptaanNya. Itu adalah inisiatif Tuhan sendiri yg ditanamkan dalam diri kita untuk mencari diriNya. Dalam hal ini banyak yg menyimpulkan itu menjadi keinginan, tapi saya lebih suka membahasakannya menjadi KERINDUAN.

So, alasan-alasan atau keinginan-keinginan apa yg anda buat atau bangun saat ini untuk membenarkan tindakan anda? Adakah itu bermanfaat? Ada kah itu memberkati orang lain? Apakah itu mengerjakan/ menyenangkan hatiNya?

Sacrifice

  • What is SACRIFICE?
  • Why we need to SACRIFICE?

SACRIFICE (pengorbanan), suatu SIKAP dan TINDAKAN dimana dilakukan secara SADAR “memberikan” sesuatu dari dirinya/ milik kepunyaannya kepada otoritas/ lembaga/ orang yg berhak menerimanya.

  • Berkorban itu alkitabiah gak sih?
  • Apakah berkorban itu sama dengan penyembahan berhala?

TOKOH-TOKOH DI ALKITAB YG MEMBERI TELADAN AKAN SACRIFICE.
1. Abraham mengorbankan Ishak.

2. Ribkah memberi minum pada utusan Abraham dan bahkan unta-untanya.

3. Hana, Ibu Samuel, dimana yg berdoa meminta anak dan akhirnya memberikan anaknya ke bait suci sesuai nazarnya.

4. Janda Sarfat memberi makan Nabi Elia padahal waktu itu adonan utk rotinya saja tidak cukup.

5. Rut, mengorbankan kebebasannya untuk kembali ke bangsanya dan memilih untuk mengikuti Naomi mertuanya.

6. Ester, berpuasa 3 hari 3 malam untuk bangsanya.

7. Yesus. Mati untuk dosa kita, dan bangkit menyelamatkan kita.

TOKOH-TOKOH YG SALAH MENGAPLIKASIKAN PRINSIP SACRIFICE.

1. Saul, ketika ia mempersembahkan korban karena takut dan terburu-buru padahal Tuhan berinstruksi lain ditambah itu bukan bagiannya dia, melainkan Imam Lewi.

2. Yudas Iskariot, menyerahkan Yesus kepada Imam Farisi yg menganggap ia bertindak utk bangsanya dan uang.

3. Ananias dan Safira, yg dihinggapi roh lain sehingga berdusta terhadap rasul mengenai persembahan mereka. Sehingga mereka mati mendadak.

Lalu, bagaimana sebenarnya prinsip SACRIFICE itu?

a) SACRIFICE is a CHOICE.

Kej 22:1-2. Ini mengisahkan mengenai Abraham yg diminta oleh Allah untuk mengorbankan Ishak anaknya. Anak satu-satunya dari Sarah dan anak perjanjian. Anak yg lahir di usia tuanya.

Bisa gak Abraham pada saat itu menolak permintaan Allah? Bisa. Bisa gak waktu itu Abraham berdiskusi dulu dengan Allah dan minta untuk digantilah sama yg lain? Bisa. Tapi kenapa Abraham tidak melakukannya? Bukankah dia sahabat Allah? Yg mana pada waktu Sodom dan Gomora akan ditunggang balikkan Allah bertukar pandang dulu, bisa dong seharusnya saat itu Abraham berbalik minta waktu untuk bertukar pikiran?

Tapi disini saya menemukan bahwa Abraham MEMILIH untuk mempersembahkan Ishak, his son, because he BELIEVE that GOD KNOWS THE BEST. HE HAS FAITH!! (Ibr 11:17-19). Abraham percaya bahwa Allah sanggup mengadakan yg tidak ada menjadi ada. So now we can see that Sacrifice is about choice that made by Faith.

Jadi pastikan saat ini bila kita MEMPERSEMBAHKAN sesuatu kepada Tuhan, pastikan kita memiliki imam yg benar. Karena iman yg benar akan membantu kita memilih yg benar.

b) SACRIFICE is about GIVING YOUR BEST.

Motto hidup saya “Learn to be BETTER by giving my BEST.”

Terbaik disini bisa jadi berbeda arti ketika dinilai oleh orang lain. Ada yg menganggapnya biasa aja, berlebihan bahkan kurang. Tapi yg terpenting adalah APA YG TUHAN NILAI.

SACRIFICE by GIVING YOUR BEST is like Rm 12:1; Fil 2:12-15.

Dari 2 ayat diatas kita bisa belajar bahwa aplikasi daripada Sacrifice ini bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari, dan bagaimana Tuhan menginginkannya? Yaitu seluruh HIDUP kita dan juga pada saat kita melakukan sesuatu (entah pekerjaan, pelayanan, hubungan), Tuhan ingin kita all out. Ngga peduli ada yg lihat, ada yg nilai, ada yg menghargai, ada yg muji, ada yg gaji atau ngga, besar atau kecil porsi pelayanan kamu, itu bukan goalnya. Ini berbicara mengenai INTEGRITAS.

Ex: saya pelayanan PAW, dan kami sebagai tim PAW memiliki komitmen utk latihan setiap hari jumat dari jam 7-10 malam. Dan pelayanan grup saya adalah pagi dan sore. Itu adalah komitmen kami bersama. Maka pengorbanan yg saya lakukan dg adanya komitmen ini adalah bila di hari jumat ada tawaran utk jalan-jalan, nonton, atau ngafe, maka dapat saya pastikan saya tolak, karena apa? Ya karena komitmen itu. Maka saya mengorbankan waktu berkumpul, hangout atau sekedar jaln-jalan saya. Sama dengan halnya suara. Sebagai singer maka saya dituntut untuk menjaga suara, maka saya sebisa mungkin bila mendekati pelayanan saya menghindari makanan atau minuman yg dapat merusak suara. Memang ada harga-harga yg harus dibayar.

c) SACRIFICE is about PRIORITY.

seperti kesaksian saya sebelumnya, kita bisa tahu bahwa orang itu respect, cinta atau ngga sama kita, itu salah satunya dari Prioritas yg dibuat terhadap kita.

Lu gak bisa ngomong lu sayang atau cinta sama gw, tapi utk waktu atau komunikasi aja gak bisa.

Lu gak bisa bilang lu sayang sama CG lu, kalo setiap kamis lu gak memprioritaskan dia dibanding acara hangout lu, atau “acara lembur”, dll.

Lu juga gak bisa bilang lu mengasihi Tuhan, kalo meluangkan waktu untuk sate dan bersekutu dg Dia aja gak ada. Itu semua NON SENSE.

Kamu gak bisa berdiri diatas dua perahu. Karena kamu akan jatuh tenggelam. Kamu gak bisa berharap pada Tuhan dan mamon. Karena keduanya pun gak bisa kamu dapatkan.

d) SACRIFICE wants you to MOVE ON!!

Menurut kalian, bagaimana caranya orang mencapai puncak tangga?

He needs to go upstair, right? Bisa gak dia sampai dipuncak tapi gak beranjak dari tempatnya? Atau bisa ngga dia sampai dipuncak sambil membawa pijakan bawahnya? Ngga bisa. Karena itu dia harus merelakan (mengorbankan) posisinya yg lama dan beranjak naik untuk terus maju hingga puncak.

  1. Kamu gak akan bisa kurus, kalo kamu gak mau mengurangi porsi makan dan berolahraga.
  2. Kamu gak akan sukses kalo kamu gak mau tekun berusaha dan menambah skill kamu.
  3. Kamu gak akan bisa pintar kalo kamu gak mau belajar.
  4. Kamu gak akan bisa maju bila kamu berdiri ditempat yg sama, di comfort zone yg sama.

So, be brave. Beranilah untuk melangkah dari comfort zone. Beranilah untuk mengambil tanggung jawab. Beranilah untuk mengubah pola pikir kamu yg salah, beranilah mengakui kesalahan, kekurangan, dan belajar menjadi lebih baik lagi.

Akan ada sesuatu yg berubah dan ditinggalkan ketika kamu mau maju untuk menjadi lebih baik. Entah dosa, masa lalu, teman-teman yg buruk, kebiasaan yg buruk, semua hal yg mengekang kita saat ini. Karena prinsipnya dari Sacrifice adalah Take and Give. 

If you want to give all of you to God then God will surely give ALL of HIS.

This is Living

Ini Hidup

aku berjumpa dengan seseorang yg berpenampilan rapi, bertutur kata halus, namun memiliki sikap sekeji  lintah yg menyerap darah sebanyak-banyaknya.

aku bertemu dengan seorang yg alim yg tampaknya berakhlak, namun ia perlu bertahan untuk hidup dari hari ke hari.

aku mengenal seorang kaya, apapun sebenarnya bisa ia miliki. namun untuk berbagi, ia tidak mampu.

lalu aku meneliti seorang yg biasa saja, ia bukan dari golongan atas, namun tak pernah kulihat ia lelah dalam berbagi. karena itu, gema namanya dan pertolongan banyak menghampiri.

aku berkawan dengan seorang yg nampaknya selalu baik-baik saja, namun sebenarnya ia sedang menghadapi raksasa kehidupan yg nampaknya tidak semua orang mampu lalui.

aku menegok seseorang berparas ayu, namun kelakukannya tidaklah lebih dari seekor binatang jalang.

lalu aku memperhatikan seorang yg berparas biasa saja, namun berhati lembut. ia disenangi banyak orang dan memperoleh belas kasihan.

aku mengamati seorang yg tampaknya lemah dan lamban, namun ternyata ia memiliki segudang ide, yg sukar dipahami namun sangat berseni.

aku menemui seseorang yg selalu menilai dari sisi materialis, ia berakhir dengan tidak dapat memenuhi semua keinginannya.

sebenarnya masih banyak hal yg ku jumpai, ini hanya secuil kisah dimana yg sebenarnya bisa membuka pemikiran bahwa kehidupan itu tak semudah dan seperti yg kita kira. apa yg kita nilai ke orang sebenarnya adalah tolak ukur kita sendiri bukan orang itu apalagi Tuhan.

manusia diciptakan unik dan diberi kebebasan dalam memilih. ada yg bertampang preman tapi berhati pahlawan, namun ada pula yg bertampang pangeran berhati binatang.

itulah kehidupan.

cerdiklah seperti ular, namun tulus seperti merpati.

Wonder Woman

Who run the world? GIRLS. That’s what Beyonce says. And i agree with that. And now i want to nominate my fave women in the world who had live fully and give impact to the society. And here is my wonder woman idols

1. Gal Gadot.

Not only beautiful, but also she is smart, strong and humble. It proved when she won the crown as Miss Israel. Well, I dont know the other personality but i am quiet sure she is friendly. And in wonder woman film, doesn’t she look so wonderful?
2. Kate Middleton.

Who doesn’t know her? Ordinary girl become a princess. Sound fairy tale, like cinderella story. But it happen. I love to watch princess’s dairies back then, and still wondering if that might be happen. And yes, few years later. She comes up, with bright smile and personality and humble. From unknown to be well-known

3. Emma Watson.

Smart girl turn into Belle. Hermonie- the curly nerd girl in Harry Potter has turn into a cunning Lady. Beside she has feminist campaign that speak out loud to the entire world. Well, who can’t deny the charisma she had. Beauty-intellegent-talented.

4. Emma Stone.

Who doesn’t know her. The lady of spidy-spiderman. Or maybe you remember her as La La Land, City of stars. And yes indeed, she is the city of star that shine the world with her amazing talent.
5. Lily Colins.

Last but not least, she is the daughter of a famous singer Phil Collins. Grew up as a daughter of top star makes her sparkling even more. Not only that, she prove her talent by acting and also she have been known as her personal-life-dating-style. Hemm, we all know who dating her. But anyway, still i like her. That’s why i put her into my 5th rank of wonder women.

TUHAN menciptakan Kejahatan?

“Apakah Tuhan menciptakan segala yg ada? Apakah kejahatan itu ada? Apakah Tuhan menciptakan kejahatan?” seorang professor dari sebuah universitas terkenal menantang mahasiswa-mahasiswanya dengan pertanyaan itu.

“Apakah Tuhan menciptakan segala yg ada?” tanyanya lagi.

Seorang mahasiswa dengan berani menjawab, “Betul, Dia yang menciptakan semuanya.”

“Jadi, Tuhan benar-benar menciptakan semuanya?” tanya professor itu sekali lagi.

“Tentu saja, Pak. Semuanya,” jawab mahasiswa itu lagi.

“Kalau memang Tuhan menciptakan segalanya, berarti Tuhan juga menciptakan kejahatan. Karena kejahatan itu ada, dan menurut prinsip kita abhwa pekerjaan kita menjelaskan siapa diri kita, maka kita bisa berasumsi Tuhan itu kejahatan.”

mahasiswa yang menjawab tadi terdiam. Hipotesa professor tadi tidak bisa dijawabnya lagi. Professor itu merasa menang bisa membuktikan kalau agama hanyalah mitos. Untuk sesaat, ruangan benar-benar diam.

Lalu ada suara dari mahasiswa lain, “Professor, boleh saya menanyakan sesuatu?”

“Ya, tentu saja. Silakahkan,” jawab professor.

Mahasiswa tadi berdiri, “Apakah dingin itu ada, professor?”

“Tentu saja ada. pertanyaan apa itu. apa kamu tidak pernah sakit flu?” jawab professor yang membuat seisi ruangan tertawa.

Mahasiswa tadi tersenyum saja. “Tetapi, pk, kenyataannya, dingin itu tidak ada. menurut hukum fisika, yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaan panas. Suhu -460F adalah ketiadaan panas sama sekali. Dan semua partikel menjadi diam dan tidak bisa bereaksi pada suhu tersebut. Kita menciptakannkata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas.”

Seisi ruangan diam.

Mahasiswa itu kembali bertanya, “Professor, apakah gelap itu ada?”

“Ya, tentu saja,” kali ini professor tersebut tidak menambahkan candaan dalam jawabannya.

“Sekali lagi anda salah, pak. gelap itu juga tidak ada. gelap adalah keadaan di mana tidak ada cahaya. cahaya bisa kita pelajari, gelap tidak. Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya menajdi beberapa warna dan mempelajari berbagai [anjang gelombang setiap warna. Tapi anda tidak bisa mengukur gelap. Seberapa gelap suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya di ruangan tersebut. Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya.”

Lalu mahasiswa itu bertanya, “Professor, apakah kejahatan itu ada?”

Professor mulai bimbang, tetapi dia harus terlihat tetap tenang. “Tentu saja, seperti yang telah kukatakan sebelumnya. Kita melihat setiap hari di koran dan TV. Banyak perkara kriminal dan kekerasan di antara manusia. Perkara-perkara tersebut adalah manifestasi dari kejahatan.”

Mahasiswa itu tersenyum, dan seisi ruangan benar-benar melihat dan ingin mendengar kelanjutan debat ini.

  1. “Sekali lagi anda salah, pak. Kejahatan itu tidak ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan. seperti dingin atau gelap, kejahatan adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan. Tuhan tidak menciptakan kejahatan. Kejahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih sayang Tuhan di hati manusia. Seperti dingin yang timbul dari ketiadaan panas dan gelap yang timbul dari ketiadaan cahaya.”

Professor itu terdiam. Nama mahasiwa itu adalah Albert Einstein.

Jangan menyalahkan Tuhan atas apa pun keburukan yang sudah, sedang dan akan terjadi di dunia ini. Karena bagaimana pun juga, manusialah yang berbuat. Dan itu karena tidak adanya cahaya di hati manusia itu. Sama seperti rumah tak terawat, menajdi rapuh dan pelan-pelan akan hancur.

Betapa indahnya hidup ini bila kita selalu berbaik sangka kepada Tuhan atas semua hal. Tidak ada lagi prasangka buruk dan kita pun bisa sangat tenang dan tentram menjalani hidup ini. Tuhan Maha Berkehendak, dan kehendakNya tentulah sangat bik untuk kita. Tinggal bagaimana kita memahami, menikmati dan juga mensyukurinya.

Miss Abbott and the Doctor

Well, this time i want to share you about my fave webtoon. It named Miss Abbott and the Doctor, creates by Maripaz Villar. I love it since the first time i read it. From the sketch, love story-that grew up from quirky moment of snobby doctor and the wild girl in town meet each other and without knowing the built a strong chemistey since then.

It was opened by introduction

hahahahaa.. I know it is very intersting, right. But till the next chapter. It will bring you fun, curious and wonder how and when they will fall to each other. I love how the author worked, how she build the character and the storyline. There are many favorite chapter of mine which shown how emotionally expose of the chemistry and fun from both character.

Even when i read it over and over again, i still can get enough, so i read it over and over again. In my next post will be showing which chapter that i love, actually i love all but there are some chaptee that i always keep it mind and sometime when i remember it, i just smile.

Susi Pudjiastuti

Semua pasti tahu sosok yg satu ini, bahkan terkenal banget akan aksi heroik dan keberaniannya dalam mengambil tindakan tegas dan no compromise kepada pihak-pihak yg melanggar aturan dan juga batas wilayah Indonesia.

Iya dialah, Susi Pudjiastuti. Dengan slogannya, “Saya Tenggelamkan”, ini sudah menjadi suatu brain-image. Sudah tidak terhitung berapa banyak kapal asing yg sembarangan masuk wilayah Indonesia, mencuri ikan-ikan yg ada, yang ditenggelamkan oleh beliau. Dengan sigap, tegas dan berani beliau melawan para “perompak” yg selama bertahun-tahun menikmati sumber alam Indonesia tanpa izin.

Dan kalau diingat-ingat dari awal pemilihan beliau dalam kabinet kerja Presiden Joko Widodo, bisa dibilang beliau adalah mentri yg sedari awal sudah menuai kontroversi. Bagaimana tidak ketika awal dipilih beliau yg bukan lulusan sarjana melainkan SMP, underestimate yg dilontarkan rekanannya juga khalayak publik terbungkam sudah dengan prestasi beliau. Ini terbukti dari beberapa kali reshuffle yg dilakukan Pak Jokowi beliau aman tentram dan terus dipercaya untuk mengelola kemaritiman Indonesia. Bahkan kalau berbicara mengenai prestasi sudah segudang yg dihasilkan beliau, dari penghargaan dibidang pariwisata, inovasi, wanita inspiratif, dan juga sebagai leader for living planet disematkan pada beliau karena usahanya yg berani.

Bila mengingat usaha orang-orang dulu dalam mencibirnya dengan menguak latar belakang pendidikan, keluarga, bisnis dan  lifestyle beliau, tampaknya itu benar-benar bentuk iri dari beberapa oknum.

Ini terbukti ketika ada orang yg menawarkan beliau 5 Triliun untuk mundur dari posisi mentri (itu jumlah yg sangat besar), namun beliau tidak menjual posisinya itu, melainkan beliau dengan pola pikirnya yg luar biasa mengatakan bahwa “Nuraninya dan kebebasannya tidak bisa dijual. Indonesia terlalu hebat untuk ribuan triliun. Kehormatanlah yg membawa beliau pada jabatan itu.”. Bukankah luar biasa?

Cr to @meme.comic.indonesia

Dan bukan itu saja, beliau berhasil mengurusi kemaritiman Indonesia dari pihak asing, beliau juga mengusahakan bahwa produk sumber daya laut Indonesia bisa mendunia dari sisi ekspor dan impor. Dan yg terakhir yg beliau lakukan ialah menggalakkan kebiasaan memakan ikan laut. Seperti tagline yg selalu dia katakan yaitu “bagi yg tidak makan ikan akan ditenggelamkan”. Menakutkan tapi inspirasi. Hahaha.. Salut kepada Bu Susi dan juga kepercayaan pak Jokowi dalam memilih dan mempertahankan beliau.

Hadiah

Disadur dari BUKU UNTUK dibaca, karya Erick Namara.

Seorang yg terkenal kebajikannya meski masih muda, sedang berjalan-jalan pada suatu hari. Tiba-tiba saja, ada seseorang pemuda bertubuh tinggi dan besar menghadangnya. Pemuda itu tampak sangat marah.

“Hei,” bentaknya. “Kamu itu tidak berhak mengajari orang lain.”. Pemuda itu tidak menggunakan kata anda yg biasanya digunakan untuk menghormati orang yg diajaknya berbicara.

Pemuda itu terus meneriaki, mengejek, dan mencela orang yg terkenal bijak itu.

“Kamu ini sebenarnya sama saja bodohnya dengan orang lain. Kamu sok tahu! Ayoo.. Kalau berani kita berkelahi! Kalau kamu memang punya nyali!”

Orang yg ditantang tersenyum dan bertanya, “Teman, jika kamu memberi hadiah untuk seseorang, tapi seseorang itu tidak mengambilnya, siapakah pemilik hadiah itu?”.

Si pemuda terdiam dengan pertanyaan aneh itu. Lalu dia menjawab lantang, “Pertanyaan bodoh! Tentu saja! Hadiah itutetap menjadi milikku karena akulah yg memberikan hadiah itu.”

Lelaki bijak tersenyum. “Ya, kamu benar. Dan tadi kamu memberiku hadiah kemarahan, hinaan dan celaan. Aku tidak akan mengambilnya, tidak akan memasukkannya kedalam hati. Aku tidak merasa terhina, tidak merasa marah, tidak benci. Maka kemarahan dan hinaan itu pun kembali kepadamu. Benarkan? Aku tetap bahagia. Kalau kamu?”

Pemuda itu terdiam, mencoba mencerna semuanya.

Lelaki bijak itu pun melanjutkan. “Jika kamu ingin berhenti menyakiti diri sendiri, singkirkan kemarahan dan ubahlah menjadi cinta kasih. Ketika kamu membenci orang lain, dirimu sendiri tidak bahagia, bahkan tersakiti secara alami. Tetapi ketika kamu mencintai orang lain, semua orang menjadi bahagia.”

Kemarahan, kebencian dan keputusasaan akan terjadi jika kita mengizinkannya. Kita mengizinkan kata-kata orang masuk ke hati kita, pikiran, mempengaruhi kita. Padahal kita bisa saja tidak menerima aemua perkataan​​ itu dan bersikap tidak peduli. Berbahagia tanpa harus dipengaruhi kata orang yg berusaha merusak kebahagiaan kita.

Kereta

Seorang pemuda yg usianya sekitar 24 tahun sedang bersama ayahnya di sebuah kereta. Dia terlihat bahagia melihat pemandangan dari jendela.

“Ayah, coba lihat, pohon-pohon itu… Mereka berjalan menyusul kita.”

Cr: to the owner

Untuk pemuda seusianya, itu terlihat norak bagi penumpang lainnya.

Sang ayah hanya tersenyum sambil menganggukkan kepala dengan wajah yg tidak kurang cerianya. Ia begitu bahagia mendengar celoteh putranya itu.

Di samping pemuda itu ada sepasang suami istri yg mengamati pemuda yg kekanak-kanakan itu. Mereka berdua merasa sangat risih. Kereta terus berlalu. Tidak lama pemuda itu kembali berteriak. “Ayah, lihat itu, itu awan kan? Lihat… Mereka ikut berjalan bersama kita juga..”

Ayahnya tersenyum lagi menunjukkan kebahagiaannya. Sepasang suami istri di samping pemuda itu tidak mampu menahan diri, akhirnya mereka berkata kepada ayah pemuda itu, “Kenapa anda tidak membawa anak anda ini ke psikiater?”

Sejenak, ayah pemuda itu terdiam. Lalu dia pun menjawab, “Kami baru saja kembali dari rumah sakit, anakku ini menderita kebutaan sejak lahir. Tadi dia baru dioperasi, dan hari ini adalah hari pertama dia bisa melihat dunia dengan mata kepalanya.”

Pasangan suami istri itu pun terdiam.

Paham kan? Tidak semua hal seperti apa yg kita lihat dan pikirkan. Tidak semuanya kita pahami. Kita mungkin mengira orang lain itu buruk, gila, jahat, dan lainnya. Padahal belum tentu begitu adanya. Setidaknya, berikan mereka kesempatan untuk menjelaskan sebelum kita menuduh mereka macam-macam.